Sabtu, 13 Februari 2021

Surprise Deal Unlimited 80GB FUP Telkomsel Mengecewa



Baru kali ini saya kecewa dengan layanan internet Telkomsel yang baru saya beli,
Apakah layanan Telkomsel makin jelek.. Eitss...Tunggu dulu.. Don't judge a book by it's cover.. oke Bro.
 
Saya pelanggan Telkomsel kartu Halo sudah belasan tahun, alasan berlangganan karena penawaran paket data internet bukan untuk keperluan telpon atau sms. Sejauh ini layanan yang diberikan memuaskan dari sisi kecepatan akses. Paket langganan saat ini adalah Halo Kick 150rb per bulan.


Kisah bermula saat membuka Apps MyTelkomsel kemarin (Jumat 12022021), terdapat penawaran yang cukup menarik yaitu paket Surprise Deal Unlimited yang ditawarkan dengan harga  Rp 150 ribu untuk FUP (Fair Usage Policy) 80GB dan berakhir pada hari itu juga.

Wow 80GB/bulan dengan 150rb, tentu ini menggiurkan, karena biasanya 150rb hanya mendapatkan 16GB atau lebih (pastinya tidak tau, kadang dapat promo), ditambah kuota entertainment 15 GB, telpon 200 menit, SMS 400 yang kesemuanya itu jarang digunakan. 

Tawaran paket Surprise Deal Unlimited (FUP 80GB) segera dieksekusi. Done, transaksi tercatat pada Pk. 13:53:43. Periksa apps MyTelkomsel tertera 88.65GB, karena kuota internet bulanan saya saat itu masih ada 8,65 GB. Oke siiplah.




Seperti biasa saya membuka web menggunakan Browser di smartphone, loading-nya kok lambat dari biasanya. Ah mungkin jaringan sedang "overloaded", biasanya tak berapa lama sudah normal kembali.
Tapi.. sudah 2 jam lebih kondisi tidak berubah. Lelet sekali kecepatan internet saya. Pokoknya lain dari biasanya, karena saya faham betul kecepatan akses Telkomsel yang selama ini saya pakai bisa diandalkan. Saya coba gunakan laptop yang "tethering" ke Smartphone seperti biasa, kebiasaan saya membuka banyak tab Browser, bisa puluhan jumlahnya dan semuanya oke oke saja. Tapi sore itu semua mendadak super lelet. Animated icon pada Browser berputar terus yang bertanda halaman web masih dalam proses "loading" bahkan beberapa  tab Browser berakhir dengan tidak munculnya halaman web. OMG ! Keadaan ini berlangsung hingga malam hari.
-
Pagi ini, Sabtu 13-02-2021, saya tulis blog ini sambil searching informasi tentang paket Surprise Deal Unlimited. Bingo ! Hampir semua media mainstream online memberitakan tentang paket ini dan saya mendapatkan beberapa info tambahan.

Misal dari laman tekno.kompas.com, disebutkan "...pelanggan juga hanya akan mendapatkan penawaran paket yang sesuai dengan pemakaian pada bulan sebelumnya, dan tidak dapat melihat paket yang lainnya yang memiliki penggunaan lebih rendah. Misalnya, apabila seorang pelanggan pascabayar memiliki penggunaan Rp 210.000 pada bulan sebelumnya, maka ia hanya akan mendapatkan penawaran paket #SurpriseDeal unlimited tanpa batas pemakaian wajar (tanpa FUP) seharga Rp 250.000".

Laman liputan6.com menuliskan "paket unlimited yang ditawarkan ke tiap pengguna dapat saja berbeda. Sebab, Telkomsel memberikan penawaran berdasarkan penggunaan pelanggan bulan sebelumnya"

Akhirnya saya tau mengapa saya mendapatkan tawaran 150rb untuk 80GB (FUP), karena berdasarkna data pemakaian bulan sebelumnya.  Oke lah.. Tapi ini belum menjawab mengapa internet saya jadi lelet setelah membeli paket Surprise Deal Unlimited.

Pertanyaan berikutnya, berapa batas FUP ?

Masih dari laman tekno.kompas.com, menuliskan "...paket unlimited ini ada batas pemakaian wajarnya, alias fair usage policy/FUP. Untuk harga tersebut, FUP yang diterapkan adalah 50 GB.  Apabila telah melewati batas FUP, pelanggan masih bisa menggunakan internet dengan kecepatan yang diturunkan, yakni 128 Kbps.".

Jika berdasarkan laman tersebut, maka batas FUP yang saya gunakan 80GB. Hmm, ini tidak masuk akal karena begitu membeli paket ini, kecepatan internet saya langsung nyungsep ke parit... 
Jadi berapa sih batas FUP pada paket Surprise Deal Unlimited Telkomsel ini.

Pencarian di laman telkomsel.com tidak membuahkan hasil yang diharapkan, tak ada penjelasan apapun berapa batas FUP ini. Apalagi paket ini sudah berakhir kemarin, dan halaman web yang menayangkan promosi paket ini sudah tidak memberikan keterangan apapun kecuali info bahwa Promo #SurpriseDeal Unlimited telah berakhir. 

Hasil Googling dengan kata kunci "Batas FUP telkomsel" ditemukan jejak informasi yang pernah ditayangkan oleh laman resmi Telkomsel yaitu telkomsel.com, tetapi laman tersebut sudah tidak menayangkan informasinya lagi (sebagaimana penjelasan di atas). 

Terimakasih Google yang masih menyimpan jejak digital dari Promo Surprise Deal Unlimited Telkomsel ini, yang menjelaskan  "FUP (Fair Usage Policy) adalah batas pemakaian wajar pada suatu paket internet. Paket #SurpriseDeal Unlimited dengan FUP tertentu berarti kecepatan internet akan disesuaikan menjadi 128Kbps jika pemakaian Anda melewati batas pemakaian wajar tersebut".

Tapi lagi-lagi saya tidak mendapatkan informasi pentingnya, yaitu berapa batas FUP. Yang ada hanya penjelasan jika melewati batas pemakaian wajar maka kecepatan internet akan disesuaikan menjadi 128Kbps. The BIG QUESTION is how much fair usage limit is? 

Googling lagi.. (bersambung)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

12 Rabiul Awal Kelahiran dan Wafat Rasullah

12 Rabiul Awal diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad Rasulullah SAW, nabi terakhir yang menyampaikan risalah kepada ummat manusia...