Sabtu, 13 Februari 2021

Part 2: Surprise Deal Unlimited 80GB FUP Telkomsel Mengecewakanku

Kekecewaanku masih terus berlanjut sejak membeli paket promo Surprise Deal Unlimited 80GB FUP kemarin (Jumat 12022012). Pasalnya kecepatan internet drop se drop drop nya... Padahal baru saja beli, kok sudah drop kecepatannya.

Unsolve mystery..

The BIG QUESTION is how much fair usage limit is? 

Kembali Googling, ditemukanlah laman https://techbiz.id/2021/02/50gb-cuma-rp100ribu-apa-itu-paket-surprisedeal-telkomsel/

Pada laman ini menjelaskan secara lebih detil terkait paket Surprise Deal Unlimited Telkomsel yang dipromosikan pada 11-12 Februari 2021. Biar lengkap saya copas saja infonya disini.


Apa yang dimaksud dengan FUP di Paket SurpriseDeal Telkomsel?

FUP (Fair Usage Policy) adalah batas pemakaian wajar pada suatu paket internet. Paket #SurpriseDeal Unlimited dengan FUP tertentu berarti kecepatan internet akan disesuaikan menjadi 128Kbps jika pemakaian Anda melewati batas pemakaian wajar tersebut.
Berapa Harga Paket SurpriseDeal Telkomsel?

Harga paket SurpriseDeal Telkomsel terbagi menjadi dua kategori, meliputi pelanggan prabayar dan pascabayar. berikut daftarnya:

Prabayar (Simpati, Kartu AS, Loop)
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 50 GB = Rp100.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 80 GB = Rp150.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 110 GB = Rp200.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 150 GB = Rp250.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 180 GB = Rp300.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 250 GB = Rp400.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP Non-FUP GB = Rp450.000

Pascabayar (Kartu Halo, kecuali corporate-paid)
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 50 GB = Rp100.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 80 GB = Rp150.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP 110 GB = Rp200.000
  • SurpriseDeal Unlimited FUP Non-FUP GB = Rp250.000

Gimana Cara Aktifkan Paket SurpriseDeal Telkomsel?

Paket #SurpriseDeal Unlimited dapat dibeli melalui aplikasi MyTelkomsel, UMB *363*70#, Asisten Virtual Telkomsel (Veronika), Call Center Telkomsel, dan aplikasi LinkAja. Pembelian melalui LinkAja khusus untuk varian paket #SurpriseDeal Unlimited Rp450.000 untuk pelanggan prabayar.

Sebelum itu, perhatikan Syarat dan Ketentuan berikut ini ya:
Syarat dan Ketentuan
  1. Paket #SurpriseDeal Unlimited dapat diaktifkan pada tanggal 11 s.d. 12 Februari 2021, mulai pukul 00:00 s.d. 23:59 WIB.
  2. Paket #SurpriseDeal Unlimited dapat dibeli melalui aplikasi MyTelkomsel, UMB *363*70#, Asisten Virtual Telkomsel (Veronika), Call Center Telkomsel, dan LinkAja (untuk tipe paket seharga Rp450.000), dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. FUP (Fair Usage Policy) adalah batas pemakaian wajar dengan kecepatan normal, setelah melewati batas FUP maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 128Kbps. Apabila ingin mengembalikan ke kecepatan normal, maka pelanggan dapat membeli paket berbasis kuota. Untuk pelanggan pascabayar, setelah melewati batas FUP akan mengkonsumsi Ekstra Kuota dan Paket Utama. Apabila Paket Utama habis, maka kecepatan internet akan diturunkan menjadi 128Kbps.
    2. Prioritas konsumsi kuota bagi pelanggan prabayar adalah sebagai berikut:
      1. Kuota dengan masa aktif yang lebih pendek akan terkonsumsi terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi kuota #SurpriseDeal Unlimited. Contoh: Bila pelanggan mempunyai paket yang masa aktifnya lebih pendek dari #SurpriseDeal, maka paket tersebut akan dikonsumsi terlebih dahulu, begitu pula sebaliknya.
      2. Apabila pelanggan masih mempunyai paket internet MBJJ Kemendikbud maka kuota paket MBJJ Kemendibud akan terkonsumsi lebih dahulu. Setelah itu akan mengkonsumsi paket #SurpriseDeal Unlimited. Setelah batas FUP paket #SurpriseDeal Unlimited habis, akan mengkonsumsi paket berbasis kuota lainnya.
    3. Prioritas konsumsi kuota bagi pelanggan pascabayar adalah sebagai berikut:
      • Paket Kemendikbud MBJJ – Ekstra Kuota Unlimited Aplikasi (contoh: Ekstra Kuota Bebas Chat, Ekstra Kuota Bebas Chat Sosmed, Ekstra Kuota Bebas Streaming Sosmed) – Ekstra Kuota Aplikasi (contoh: Kuota Belajar, Ekstra Kuota YouTube dan Sosmed Premium) – Ekstra Kuota dengan masa berlaku terpendek (contoh: Ekstra Kuota Harian, Paket Internet 7 Hari) – Kuota #SurpriseDeal Unlimited – Ekstra Kuota Data 30 Hari (contoh: Ekstra Kuota 100K, 150K, 250K) – Ekstra Kuota Berlangganan (contoh: Ekstra Kuota Berlangganan Data atau Combo) – Paket Bulanan Utama (contoh: Halo Unlimited, Halo●Kick!, Halo Play).
    4. Pelanggan hanya mendapatkan penawaran paket yang sesuai dengan pemakaian pada bulan sebelumnya, dan tidak dapat melihat paket yang lainnya. Contoh:
    • Pelanggan prabayar dengan penggunaan bulan sebelumnya Rp210.000, maka hanya akan mendapatkan penawaran paket #SurpriseDeal Unlimited tanpa batas pemakaian wajar (No FUP).
    • Pelanggan prabayar dengan penggunaan bulan sebelumnya Rp70.000 akan mendapatkan penawaran paket #SurpriseDeal Unlimited dengan batas pemakaian wajar 50GB, paket #SurpriseDeal Unlimited dengan batas pemakaian wajar 80GB, dan paket #SurpriseDeal Unlimited tanpa batas pemakaian wajar (No FUP).
    • Paket #SurpriseDeal Unlimited tanpa batas pemakaian wajar dapat diaktifkan oleh semua pelanggan prabayar dan pascabayar dengan harga berbeda.
  1. Paket #SurpriseDeal Unlimited berlaku bagi seluruh pelanggan prabayar Telkomsel (simPATI, KARTU As, dan Loop) yang telah aktif minimal 3 bulan dan seluruh pelanggan pascabayar Telkomsel (kartuHalo) kecuali corporate-paid.
  2. Penggunaan pelanggan pada bulan sebelumnya menentukan paket #SurpriseDeal Unlimited yang dapat dibeli.
  3. Pelanggan dapat menggunakan paket #SurpriseDeal Unlimited setelah SMS notifikasi pembelian paket diterima. Sedangkan sisa kuota dapat dicek melalui:
    • Menu “Cek Kuota Internet/Cek Kuota Telepon” di *888#.
    • Menu “Status” di aplikasi MyTelkomsel.
  4. Pelanggan hanya dapat membeli #SurpriseDeal Unlimited maksimal 1 kali melalui MyTelkomsel, UMB *363*70#, Asisten Virtual Telkomsel (Veronika), atau Call Center dan 1 kali melalui LinkAja. Jika sebelumnya pelanggan pernah membeli #SurpriseDeal pada bulan Januari lalu, pembelian paket #SurpriseDeal Unlimited kali ini tetap bisa dilakukan.
  5. Pelanggan dapat memberikan hadiah kepada pelanggan lainnya maksimal 5 kali per hari (termasuk hadiah paket lainnya). Sedangkan penerima hadiah hanya dapat menerima paket #SurpriseDeal Unlimited 1 kali.
  6. Pembelian hanya dapat dilakukan selama periode program dan penggunaan kuota berlaku sesuai masa berlakunya.
  7. Apabila paket #SurpriseDeal Unlimited telah habis masa aktifnya terdapat skema sebagai berikut:
    1. Pelanggan prabayar secara otomatis akan dikenakan konsumsi Kuota Utama (jika memiliki paket data aktif) dan jika Kuota Utama tersebut telah habis maka akan dikenakan tarif dasar (non paket). Jika penggunaan tarif dasar pelanggan telah mencapai batas maksimum harian yang ditetapkan oleh Telkomsel, maka pelanggan tidak dapat mengakses layanan internet kecuali pelanggan melakukan pengisian ulang pulsa atau melakukan aktivasi paket data baru.
    2. Pelanggan pascabayar secara otomatis akan dikenakan konsumsi Ekstra Kuota (jika ada) dan apabila sudah habis akan mengkonsumsi Paket Utama.
  8. Paket #SurpriseDeal dapat digunakan di seluruh jaringan Telkomsel (2G/3G/4G).
  9. Harga sudah termasuk PPN 10%.
Wow...
Informasi yang ditampilkan banyak sekali...
Tetapi tetap saja tidak ada informasi apapun terkait berapa limit yang wajar dari paket #SurpriseDeal Unlimited Telkomsel ini. Apakah dihitung berdasarkan konsumsi kuotanya ?
Saya membeli paket 80 GB FUB, berapa batas pemakaian yang wajarnya.
Apakah setelah pemakaian 80 GB habis maka kecepatan internet langsung di drop ke 128Kbps?
Saya baru membeli paket tersebut, kok sudah drop kecepatannya, sy tidak tau berapa kecepatan saat ini hanya bisa merasakan akses berjalan dengan lambat sekali, bahkan untuk loading image di WA yang hanya berukuran beberapa ratus KByte saja leletnya minta ampun.
Perhatikan gambar ini. Mengunduh file 7,9 MB perlu waktu 14 menit saat pertama kali proses, pada gambar tinggal 8 menit lagi dengan 2,67 MB yang sudah terunduh. Hmm.. kebayangkan ..leletnya.

Akhirnya gagal...  


Update dikit
Sebagai perbandingan, kecepatan WiFi di kantor saat unduh file 3,5GB diprediksi 25 menit coba bandingkan dengan koneksi paket SuperDeal Unlimited 80GB FUP saat unduh file  7,9MB dengan prediksi waktu 14 menit...
Berapa ukuran FUP nya sebenarnya? Still mystery..
  





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

12 Rabiul Awal Kelahiran dan Wafat Rasullah

12 Rabiul Awal diperingati sebagai hari kelahiran Nabi Muhammad Rasulullah SAW, nabi terakhir yang menyampaikan risalah kepada ummat manusia...